Article

9 Daftar Perlengkapan Haji Umroh Wanita Pria 2014

9 Daftar Perlengkapan Haji Umroh Wanita Pria 2014 thumbnail
 

Perlengkapan Haji | Perlengkapan Umroh Yang Harus Dibawa Oleh Pria Wanita

 

Perjalanan menunaikan ibadah haji dan umroh ke tanah suci tidak sekedar butuh kesiapan mental, jasmani, pengetahuan serta bekal taqwa, akan tetapi logistik juga memegang fungsi yang sangat mutlak demi menunjang kelancaran ibadah sewaktu di tanah suci.

 

Untuk anda yang sebentar lagi memperoleh peluang panggilan dari Allah untuk menunaikan ibadah haji dan umroh pastinya telah mulai disibukkan dengan persiapan-persiapan perlengkapan yang yang akan anda bawa ke tanah suci.
Info perlengkapan dari sebagian kerabat serta saat manasik juga telah anda peroleh, dari pengalaman teman kita yang terlebih dulu menunaikannya.

 

Usahakan semua perlengkapan yang akan dibawa sudah siap 2-3 pekan sebelum keberangkatan, sehingga jika suatu saat Anda melakukan beli secara online, ada waktu yang cukup untuk lama pengiriman ke rumah Anda yang bisa memakan waktu 2 hari sampai 2 pekan tergantung daerah domisili Anda.

 

Karena ibadah haji dan umroh ada perbedaan, tentu perbekalan untuk haji dan untuk umroh ada perbedaan juga.

 

Dari segi waktu:

- Umroh: saat jemaah menggunakan travel, biasanya paket ada yang 9 hari atau 12 hari.

- Haji : ibadah haji lebih panjang waktunya jika dibandingkan dengan umroh. Pelaksanaan haji reguler sekitar 40 hari. Perinciannya, lama ibadah di Mekkah sekitar 20 hari, di ArafahMina 4 hari, dan di Madinah sekitar 6 hari. Tahun 2014 ini antara 31 Agustus – 6 November 2014.

Karena perbedaan lama waktu, mungkin saat umroh cukup bawa  pakaian yang cukup 1-2 stel, sedangkan saat melaksanakan haji perlu 3-4 stel.

 

Dari segi tempat

Umroh: Makkah Al Mukaromah,  Madinah

Haji: Makkah Al Mukaromah, Mina, Arafah, Muzdalifah, Madinah. Saat menginap/bermalam di Muzdalifah dan mencari kerikil di malam hari, jemaah memerlukan flashlight/senter dan kantong kerikil. Saat wukuf di Mina, jemaah memerlukan sajadah wukuf yang tahan kotor, mungkin juga payung kalau ingin terhindar dari terik matahari.

 

Untuk menolong anda di dalam mengingat perlengkapan  yang bakal anda buat persiapan, di sini saya tuliskan check daftar perlengkapan yang barangkali cocok dengan keperluan anda. pastinya perlengkapan yang dibutuhkan tiap-tiap orang pasti ada perbedaan, tetapi perbedaan tersebut saya rasa tidaklah terlampau menonjol.

 

1. Perlengkapan Doa & Guide

Bila buku doa yg dari depag itu repot banget. Ringkaslah doa doa yang memanglah diajarkan oleh rasulullah didalam manasik hajinya. Al Quran, map/atlas majidil haram atau peta makkah atau peta madinah, counter tasbih digital, audio haji umroh (audio portable yang membantu anda menghafal dan melafadzkan doa-doa haji umroh, ukuran kecil sangat praktis untuk digunakan saat pelaksanaan ibadah), kiblat kompas. Akan sangat praktis, jika anda menggunakan yang digital, bisa berbentuk aplikasi mobile.

Baca : 35 Aplikasi Untuk Perjalanan Haji Umroh Anda

Download : Doa Doa Haji Umroh

 

2. Perlengkapan Kesehatan

secukupnya dikarenakan obat-obatan di petugas haji sering tidak cukup. Obat luka dan plester luka, obat masuk angin, obat antimabuk, obat diare, obat flu, obat sakit kepala, minyak gosok. umumnya, penyakit yang kerap dihadapi disana adalah : batuk, pilek, saluran pernafasan, diare dsbnya. obat gosok layaknya : vicks, counterpain, obat/salep untuk luka :aloe propolis krim, tensoplast/hansaplast dan lain-lain. serta janganlah lupa obat-obatan dicatat di buku kesehatan haji kita. bila anda memiliki penyakit dengan efek tinggi ( obat-obatan yang lain yang mutlak dibawa bergantung dari keperluan untuk penyakit seperti ambeien, asam urat, darah tinggi, diabetes, asma dsbnya ), maka sebelum berangkat tanyakan obat yang dapat dibawa. suplemen yang saya anjurkan yaitu madu. sekarang ini ada product perlebahan yang mudah dibawa dikarenakan didalam wujud tablet/kapsul. untuk madu cair belilah di mekkah atau medinah dikarenakan madu amat bagus untuk melindungi kesehatan.

 

3. Perlengkapan Pendukung dan Tidur

Bantal tiup (ada 2 model yang berbentuk kotak dan huruf U), payung lipat kecil, kacamata hitam ( karena memang kondisi di sana panas terik, agar tidak mudah lepas/jatuh gunakan tali ), masker (tahun 2014 ini, mungkin bisa dikatakan wajib untuk membawa masker), sandal, kaos kaki wudhu, sarung tangan, kantong batu, sprei kecil, alat jahit, ransel.untuk gunting, alat cukur, pisau dimasukkan dibagasi/tas koper besar janganlah dibawa di kabin

 

 

4. Perlengkapan Mandi dan Kosmetik

Sabun cair, sikat gigi & odol, shampoo, handuk, alat cukur, sabun muka, bedak, lotion atau krim (white diamond, Glysolid atau cream21) baiknya tentukan yang tidak berparfum. krim (Glysolid atau cream21) untuk bibir dan kaki agar tidak kering .Pada waktu ihram benda-benda yang dipakai tidak bisa yang berparfum.untuk wanita, janganlah lupa senantiasa sedia pembalut dan panty liner secukupnya.

 

 

5. Perlengkapan Mencuci

bila tinggal di pondokan mekkah itu area menjemur pakaian umumnya ada di lantai teratas yang hanya berbentuk dak, lantas butuh membawa gantungan baju, jepitan jemuran, tali tambang untuk buat tali jemuran ( dapat beli di lebih kurang pondokan juga ), deterjen ( di sana banyak yang jual juga hanya mahal ), ember beli saja bareng-bareng disana, serta setrikaan utk travel ( bila dapat sih bawa pakaian yang ngga butuh disetrika )

 

6. Perlengkapan Makan dan Minum

Gelas kertas serta sendok plastik untuk buat minuman, namun sampah lantas banyak.. hiks.. bila perlu umumnya gelas serta pisau gampang beli disana. saya ngga bawa perlengkapan masak dikarenakan memperoleh catering 3x 1 hari. bawa makanan kering ( abon, kering kentang, kering teri, rendang )bawa kopi, teh atau minuman jahe kesukaan. Selalu bawa botol air minum untuk menghindari dehidrasi saat dalam perjalanan di tanah suci.

- Haji Reguler -

Kebutuhan akomodasi dan konsumsi sehari-hari haji reguler selama di Mekkah harus diusahakan sendiri oleh para jamaah. Untuk makan, jamaah bisa memasak sendiri, membeli makanan di warung makan, atau memesan katering sendiri.

Adapun akomodasi dan konsumsi bagi jamaah haji reguler selama di Madinah ditanggung oleh pihak hotel. Biasanya, jamaah mendapatkan jatah makan dua kali. Satu porsi makan terdiri dari nasi dan lauk, ditambah buah dan minuman mineral. Secara keseluruhan, pemondokan atau maktab jamaah di Madinah ditempatkan di hotel yang relatif sangat dekat dengan Masjid Nabawi. Dengan begitu, jamaah tidak perlu mengeluarkan ongkos naik taksi, cukup dengan berjalan kaki.

Selama 4 hari di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, konsumsi juga ditanggung pihak maktab. Dengan begitu, jamaah tidak perlu merogoh kocek sama sekali untuk konsumsi karena sudah ditanggung pihak penyelenggara.

 

7. Perlengkapan Listrik, Komunikasi, Digital dan Internet

Bawa alat komunikasi HP atau BB dengan nomor Saudi Mobily, Zain atau STC  yang bisa digunakan sekaligus untuk langganan internet atau bisa memakai Skype yang bisa dibilang paling jernih suaranya jika dibandingkan aplikasi lainnya. Bawa Kamera untuk dokumentasi. Jangan lupa chargernya dan bawa baterai cadangan. Bawa universal converter plug (colokan listrik) yang kompatible di Arab.

 

8. Perlengkapan Busana

pakaian ihram dan sabuknya, gamis atau longdress muslimah (cari yang berkantong agar bisa untung menyimpan jam tangan duit, name tag, atau kaos kaki saat berwudhu), Baju tidur panjang, kerudung instant atau bergo panjang, dalaman gamis, celana panjang/legging, baju dalam, jaket bertopi, kaos kaki thawaf, sajadah sujud.

Bagi jamaah yang badannya berukuran size besar, perhatikan ukuran ihram dan sabuk haji yang pas sehingga nyaman dalam ibadah.

untuk dalaman ada 2, yaitu celana tisu/CD sekali pakai dan CD tawaf tanpa jahitan, bisa dipakai untuk dalaman.

 

9. Perlengkapan Dokumen & Uang

bawalah paspor, kartu kredit, uang rupiah, riyal secukupnya dan kartu atm berlogo visa. dokumen haji (SPMA, Buku Kesehatan, bukti Setor BPIH)

Bagi anda yang berangkat melalui Travel Umroh Haji Plus, maka anda tidak perlu menyiapkan peralatan makan dan peralatan mencuci karena sudah ditanggung oleh pihak travel.

Coba cek dulu daftar barang bawaan saat memasukkan barang-barang ke koper supaya tidak ada yang tertinggal lagi. Bila ada masukan lain yang berguna, Anda dapat berbagi di sini supaya pengalaman yang ada dapat berguna sebagai masukan saudara-saudara kita yang dapat menunaikan ibadah haji dan umroh.

Beratnya barang bawaan beserta koper lebih kurang 15 kg, dikarenakan peraturan dari embarkasi barang bawaan saat berangkat tidak melebihi 15 kg. Peraturan ini cukup tegas, karena banyak koper yang terpaksa di buka lagi untuk kurangi berlebihan berat. Koper besar diserahkan ke area pengumpulan yang ditentukan ( umumnya 2 hari sebelum keberangkatan). Timbanglah dulu koper yang sudah diisi, dapat gunakan neraca pegas ( banyak dijual di toko besi harga nya murah lebih kurang 15 ribu kelak dapat digunakan di tanah suci untuk menimbang barang bawaan pulang kita supaya tidak melebihi 32 kg ) atau timbangan badan.

 

Perusahaan penerbangan akan memberikan fasilitas barang bawaan berupa tas paspor, tas jinjing yang akan dibawa di kabin pesawat, dan tas kopor yang akan masuk bagasi.

 

Prinsip barang bawaan : Praktis dan Berfungsi

 

DaftarHajiUmroh

DaftarHajiUmroh

ASK ME INFO UMROH

0822 3375 6981
Pin 7CA 80 A32

====================================================
==> DOWNLOAD Jadwal & Biaya Paket Umroh Alhijaz Indowisata
====================================================

ASK ME PELENGKAPAN HAJI UMROH

DivaMecca.com – Pelengkapan Haji dan Umroh
081 7968 7414
Pin 323 F7 396

More Posts

Share On :
 

Guide

Tentang Kami
Privacy Policy
Hubungi Kami
Disclaimer

Find Us

Twitter
Facebook
Youtube
Google +

About

DaftarHajiUmroh.com adalah situs informasi haji dan umroh. Pembuatan situs bertujuan membantu jamaah indonesia agar mempunyai guide dalam melaksanakan ibadah haji dan umroh.
Informasi Pendaftaran Manasik Biaya Murah Paket Umroh Travel Haji Plus 2014


Powered by @DaftarHajiUmroh.com

DaftarHajiUmroh.com | Biaya dan Jadwal Umroh 2014-2015 >>>Download
Paket Umroh Murah Alhijaz Indowisata