Pin It
Article

Tata Cara Manasik Umroh Sesuai Sunnah Rasul

Tata Cara Manasik Umroh Sesuai Sunnah Rasul thumbnail

Tata Cara Manasik Umroh

Mengetahui bagaimana tata cara manasik umroh yang baik dan benar sangat penting bagi kelancaran pelaksanaan penunaian ibadah haji anda semua untuk semata-mata mendapatkan ridho Allah SWT yang merupakan tujuan utama kita semua dalam menunaikan ibadah haji tersebut.

Rukun Dan Wajib Umroh

Dalam pelaksanaan umroh ada 2 istilah penting yang harus kita perhatikan, yaitu Rukun Umroh dan Wajib Umroh:

1. Rukun Umroh

Rukun umroh adalah pokok kegiatan ibadah umroh yang benar-benar harus kita kerjakan, apabila salah satu dari rukun umroh ini tidak dikerjakan maka umrohnya tidak sah.

Rukun umroh ini ada 4 yaitu:

a) Ihram Umroh;

b) Tawaf;

c) Sa’i;

d) Tahallul.

2. Wajib Umroh

a) Berihram di Miqot

Miqot disini maksudnya adalah tempat untuk memulai niat ihram, dimana pelaksanaan niat ihram umroh ini harus dilaksanakan di miqot yang kita lewati, apabila kita melewatinya tanpa berihram maka umrohnya tetap sah tetapi wajib membayar dam dengan menyembelih seekor kambing di Mekah.

Baca Miqot Jamaah Indonesia

 

 

Berikut urutan untuk tata cara manasik umroh

1. Ihram

Tempat:

Miqot: Yalam-lam, Dzul Khulaifah (Bir Ali), Zuhfah, Dzul Irqi, Qornulmanajil.

Apabila Anda telah sampai di miqat , maka mandilah dan pakaian wangi wangian jika hal tersebut memungkinkan.Kemudian kenakanlah pakaian ihram sarung dan selendang lebih utama berwarna putih.Bagi wanita boleh menggunakan gamis.Setelah itu berniat ihram

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ

“Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, Aku datang memenuhi panggilan-Mu, Aku datang memenuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, Aku datang memenuhi panggilan-Mu, sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu”

Perbanyaklah membaca talbiyah dengan suara keras sedangkan bagi wanita hendaknya mengucapkan dengan suara pelan.

 

 

2. Thawaf

Tempat: Masjid al-Haram

Apabila sudah sampai di Mekkah maka lakukan Thawaf di Ka’bah sebanyak tujuh putaran.Mulai dari Hajar Aswad sambil bertakbir dan selesai di Hajar Aswad.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Wahai Tuhan kami! Berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan jauhkan kami dari siksaan api Neraka”

 

 

 

3. Sa’i

Tempat: Shafa – Marwa

Kemudian keluarlah menuju safa dan naiklah ke atas sambil menghadap ka’bah bacalah tahmid serta takbir tiga kali sambil mengangkat kedua tangan.Bacalah doa dan ulangilah setiap doa tiga kali sesuai sunai Rasulullah

Kemudian turunlah dan lakukanlah sa’i umroh sebanyak tujuh kali putaran dengan berjalan cepat di antara tanda hijau dan berjalan biasa sebelum tanda tersebut.Kemudian naiklah ke atas Marwa lalu bacalah takbir dan tahmid tiga kali.

لاَإِلَهَ إِ لاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ، يُحْيِى وَيُمِيْتُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَديْرٌ، لاَإِلَهَ إِ لاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَنَضَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ اْلأَحْزَابَ وَحْدَهُ

“Tiada Ilah selain Allah dan tiada sekutu baginya, baginya segenap kerajaan dan segala pujian, Dia yang menghidupkan dan yang mematikan dan Dia maha mampu atas segala sesuatu, tiada Ilah selain Allah semata dan tidak ada sekutu baginya, Dia memenuhi janji-Nya, Dia membela Hamba-Nya dan Ia kalahkan sendiri musuh-musuh-Nya”

 

4. Tahallul

Tempat: Marwa

Bila Jamaah telah selesai melakukan sa’i maka cukurlah dengan bersih atau gundul atau pendekkan rambut Anda.

Mencukur rambut sebagian atau seluruhnya bagi kaum laki-laki, adapun wanita cukup sebagian saja.

Dengan empat point di atas maka selesailah manasik umroh Anda.Demikian tata cara manasik umroh ini kami buat.Semoga bermanfaat.

 

Share On :
 

Guide

Tentang Kami
Privacy Policy
Hubungi Kami
Disclaimer

Find Us

Twitter
Facebook
Youtube
Google +

About

DaftarHajiUmroh.com adalah situs informasi haji dan umroh. Pembuatan situs bertujuan membantu jamaah indonesia agar mempunyai guide dalam melaksanakan ibadah haji dan umroh.
Informasi Pendaftaran Manasik Biaya Murah Paket Umroh Travel Haji Plus 2014


Powered by @DaftarHajiUmroh.com

Travel Haji Plus | Travel Umroh | Pendaftaran Umroh | Biaya Haji 2014 | Paket Umroh Murah 2014 | Biaya Umroh 2014 | Informasi Haji | Manasik Haji