Article

Tips Persiapan Sebelum Berangkat Haji dan Umroh

Tips Persiapan Sebelum Berangkat Haji dan Umroh thumbnail
 

Persiapan Haji | Persiapan Umroh

 

Persiapan Diri


1. Bertaubat dari segala dosa dan maksiat serta hal-hal yang dimakruhkan oleh agama;

2. Mengembalikan barang milik orang lain yang diambil dengan cara tidak benar. Rasulullah SAW bersabda, “Mengembalikan satu daniq (seperenam dirham) uang haram setara dengan tujuh puluh kali haji di mata Allah.”

Apabila pemilik barang tersebut tidak ditemukan maka harus ada niatan bahwa suatu saat nanti barang tersebut akan dikembalikan kepadanya;

3. Melunasi tanggungan hutang;

4. Mengembalikan barang-barang titipan yang ada di tangan kita kepada pemiliknya yang sah;

5. Meminta kerelaan hati siapa pun yang pernah menjalin transaksi dengan kita;

6. Jika kita memiliki tanggungan utang, kita perlu menunjuk seseorang yang kita percaya untuk dilimpahi wewenang dalam melunasi utang-utang tersebut. Apabila debitur (orang yang mempunyai utang) akan menunaikan ibadah haji sementara dia memiliki kemampuan finansial untuk melunasi utangnya tapi hal itu tidak ia lakukan, maka kreditur (orang yang meminjamkan uang) berhak untuk mencegah kepergian si debitur;

7. Menyiapkan nafkah yang cukup untuk keluarga yang ditinggalkan. Nafkah tersebut harus cukup untuk membiayai segala kebutuhan mereka sejak kepergian kita dari Tanah Air hingga saat kita kembali;

8. Meminta doa restu dari orang-orang yang dihormati atau dicintai, seperti kedua orang tua, istri, saudara, dan anak-anak;

9. Menjaga kebersihan hati dari riya’ (hasrat ingin dipandang terhormat oleh orang lain), takabur (sombong), atau sum’ah (keinginan untuk dipuji atau terkenal).

Allah SWT berfirman, “Padahal mereka tidak diperintahkan kecuali agar menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar mendirikan shalat serta menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Bayyinah: 5).

10. Biaya yang digunakan untuk menefripuh perjalanan haji maupun untuk membeli bekal harus bersumber dari uang yang halal dan bersih dari syubhat (ketidakjelasan halal-haramnya). Menurut Imam Nawawi, apabila uang yang digunakan untuk pergi haji berasal dari uang haram maka haji yang dikerjakan tidak mabrur di mata Allah.  Demikian juga Imam Ahmad menambahkan bahwa haji yang seperti itu tidak sah hukumnya;

11. Para jamaah haji harus mempelajari segala hal yang perlu diketahui selama menunaikan ibadah tersebut, seperti tata cara tayamum, waktu-waktu shalat, arah kiblat, tata cara shalat jamak dan qashar, tata cara manasik haji mulai dari hal-hal yang wajib, sunnah, yang membatalkan, yang dilarang, kaffarat (sanksi), hingga tata krama atau kesopanan.

 

 

Tips Keuangan

Jama’ah calon umroh atau haji terkadang sebelum berangkat ke Arab Saudi sering bertanya-tanya bagaimana persiapan keuangan yang harus kita bawa apakah harus membawa real atau dollar amerika atau rupiah.

Untuk berbelanja di Arab Saudi memang menggunakan real Saudi, namun bagi para calon jama’ah umroh atau haji yang memiliki uang real yang dibawa hanya sedikit atau sama sekali tidak punya, tetapi hanya punya uang rupiah maka tidak usah khawatir karena tempat penukaran uang di Arab Saudi cukup banyak dan mudah.

Tempat penukaran uang (money changer) dapat kita jumpai di bandara udara Jedah serta beberapa tempat dekat masjid Al-Harom dan Masjid Nabawi.

Tempat penukaran uang dikota Madinah dapat kita jumpai dipertokoan sisi jalan utama menuju gerbang utama masjid Nabawi. Tempat penukaran uang di Mekah dapat kita jumpai dipertokoan lantai dasar hotel Hilton,  Misfalah, Adjiyad, pintu masuk  terminal bis Saptco.

Tanda yang mudah kita kenali dari tempat penukaran uang ini adalah banyak gambar-gambar uang ditempel di dinding tokonya dan biasanya ada tulisan Money Changer, Penukaran Uang. Cara menukarnyapun cukup mudah, kita tinggal menyodorkan uang yang kita miliki rupiah atau dollar Amerika maka ia langsung akan menukarnya dengan real Saudi.

Bagi jama’ah yang membawa uang tunai rupiah atau real terbatas tetapi membawa ATM maka tidak usah khawatir karena kita dapat menarik uang tunai di beberapa tempat ATM Arab Saudi baik di Jeddah, Mekah atau Madinah, yang terpenting ATM yang kita miliki memiliki tanda-tanda pelayanan ATM yang ada di Arab Saudi seperti Maestro, Cirrus, Visa, Master Card, Plus, Visa Electron dll.  Uang yang kita tarik lewat ATM berbentuk real Saudi, saldo tabungan yang kita miliki akan ditampilkan dilayar kaca ATM berbentuk real Saudi.

ATM di Madinah dapat kita jumpai diantara pertokoan depan halaman utama masjid Nabawi seperti dibawah Taiba Residence, Hilton, Oberoy.

ATM di Mekah dapat kita jumpai diantara pertokoan hotel dekat Masjidilharom, seperti didepan Hilton, As-sofwah (Royal Orchid), Zam-zam Tower.

 

 

Persiapan Kesehatan

Pembahasan tentang aspek kesehatan selama menjalankan ibadah haji dan umrah tidak kalah penting dibandingkan dengan aspek hukum atau tata cara melaksanakan haji. Bagaimanapun, kelancaran ibadah haji atau umrah akan terganggu apabila seorang jamaah mengalami gangguan kesehatan.

Bahan makanan yang manis dan berkalori tinggi seperti kurma, manisan, dan kue-kue banyak tersedia di Tanah Suci. Jika seorang jamaah haji atau umrah tidak mengatur pola makannya dan sembarangan mengkonsumsi makanan- makanan tersebut, bisa jadi gula darahnya akan meningkat tajam.

Bukan hanya itu, berat badannya juga bisa naik tak terkendali. Jika berat badannya berlebihan maka gerakannya menjadi kurang lincah dan mudah mengalami kelelahan. Padahal ibadah haji membutuhkan kondisi tubuh yang fit dan prima.

Bagaimanakah seharusnya jamaah haji dan umrahdalam memilih jenis-jenis makanan yang layak dikonsumsi saat berada di Tanah Suci? Kemudian bagaimanakah saran-saran para ahli kesehatan agar jamaah haji dan umrah tidak mudah terserang penyakit, baik sebelum berangkat menuju Tanah Suci, ketika berada di sana, dan sewaktu kembali ke Tanah Air?

Berikut ini tips-tips menjaga kesehatan sangat penting untuk diperhatikan oleh semua jamaah haji dan umrah sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Persiapan sebelum berangkat menuju Tanah Suci, terutama persiapan yang menyangkut aspek kesehatan, sangat penting untuk dilakukan oleh para jamaah haji dan umrah. Di samping itu, informasi tentang cuaca dan iklim di Arab Saudi juga tidak kalah penting.

Dengan mempersiapkan kesehatan sebaik mungkin dan membekali diri dengan pengetahuan tentang kondisi alam Arab Saudi, jamaah haji akan lebih mudah menjaga kesehatan dirinya, sehingga ibadah mereka tidak akan terkendala oleh gangguan kesehatan.

1. Menjaga Kondisi Fisik.

Pada prinsipnya, upaya menjaga kesehatan agar tetap prima selama menjalankan ibadah haji dan umrah tidak jauh berbeda dengan upaya menjaga kesehatan sehari- hari. Perbedaannya hanya pada sikap atau perilaku kita yang dituntut lebih bijak dalam memilih makanan atau melakukan kegiatan di tengah cuaca dan iklim yang jauh berbeda.

2. Konsultasi Medis.

Konsultasi medis harus dilakukan oleh jamaah haji yang akan pergi ke Tanah Suci jauh hari sebelum keberangkatannya. Konsultasi setidaknya dilakukan 4-6 minggu sebelum berangkat. Sewaktu melakukan konsultasi medis, segala macam keluhan tentang kondisi kesehatan harus kita sampaikan.

Konsultasi medis bisa dilakukan kepada dokter pertama (Puskesmas) dan dokter kedua (Dinas Kesehatan Kota atau Kabupaten). Dokter sebagai pihak yang memeriksa kondisi kesehatan seorang pasien juga harus menyampaikan hasil analisanya secara apa adanya.

Dengan adanya informasi yang valid tentang kondisi kesehatan seorang calon jamaah haji diharapkan seluruh kegiatan yang menjadi bagian dari ritual haji dapat dilaksanakan dengan baik.

Share On :
 

Guide

Tentang Kami
Privacy Policy
Hubungi Kami
Disclaimer

Find Us

Twitter
Facebook
Youtube
Google +

About

DaftarHajiUmroh.com adalah situs informasi haji dan umroh. Pembuatan situs bertujuan membantu jamaah indonesia agar mempunyai guide dalam melaksanakan ibadah haji dan umroh.
Informasi Pendaftaran Manasik Biaya Murah Paket Umroh Travel Haji Plus 2014


Powered by @DaftarHajiUmroh.com

Travel Haji Plus | Travel Umroh | Pendaftaran Umroh | Biaya Haji 2014 | Paket Umroh Murah 2014 | Biaya Umroh 2014 | Informasi Haji | Manasik Haji