Article

[PKHI 2014] Pendaftaran Petugas Kesehatan Haji Indonesia

[PKHI 2014] Pendaftaran Petugas Kesehatan Haji Indonesia thumbnail
Informasi Pembukaan registrasi Pendaftaran Rekruitmen Persyaratan TKHI PKHI Depkes 2014 Untuk Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, Perawat dan Lain-lain.

Tahapan rekrutmen PKHI Tahun 2014 sudah dimulai sejak tanggal 2 Januari 2014 berupa pembuatan akun peminat.

 

Tahapan Rekrutmen Tenaga Kesehatan Haji Tahun 2014
  1. Pembuatan akun peminat.

Untuk mendaftar, setiap peminat dipersyaratkan memiliki akun. Satu orang hanya dapat memiliki satu akun dan berlaku untuk periode rekrutmen selanjutnya. Pembuatan akun dapat dilakukan sepanjang tahun.

Setiap peminat diharuskan memiliki AKUN peminat dan hanya boleh memiliki SATU. Pembuatan akun dapat dilakukan sepanjang tahun, dan sudah dimulai sejak tanggal 31 Desember 2013. Setiap peminat diharuskan menuliskan data awal, untuk kemudian diberikan respon via email secara otomatis oleh sistem. Pastikan setiap data yang dicantumkan pada data awal adalah benar dan lengkap. Silakan cek di inBox, spam ataupun bulk-mail. Pada format isian diberikan keterangan cara pengisian. Nama yang dicantumkan adalah nama lengkap tanpa gelar sebanyak 3 (tiga) kata, dan bukan singkatan. Bagi peminat dengan nama kurang dari 3 kata, maka cantumkan nama ayah maupun kakek (tidak perlu disebutkan kata bin/binti). Ketentuan penulisan nama menyesuaikan kebutuhan nama dalam paspor yang diharuskan oleh Kerajaan Arab Saudi dalam rangka penerbitan visa. Lengkapi seluruh permintaan data dalam akun. Data tersebut akan menjadi sumber data dalam pengisian formulir untuk registrasi.

Setelah memiliki akun, anda dapat masuk (log-in) pada form login yang tersedia untuk melengkapi data dan melihat proses tahapan pendaftaran lebih lanjut. Gambar dibawah ini menggambarkan proses pendaftaran Petugas Kesehatan Haji Indonesia (PKHI).

Seluruh tahapan proses rekrutmen TIDAK DIPUNGUT BIAYA.

 

  1.  
    HAL – HAL PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN :
    • Pendaftar dipersyaratkan memiliki AKUN peminat. Seseorang hanya diperkenankan memiliki SATU akun peminat.
    • Pendaftar dapat membuat pilihan peminatan lebih dari satu (1) pilihan masa tugas.
    • Pendaftar HANYA dapat memilih SATU pilihan JENIS TUGAS pada suatu masa tugas tertentu.
    • Pendaftar HANYA dapat mengirimkan berkas untuk SATU jenis pilihan tugas.
    • Pendaftar diminta menggunakan SATU alamat EMAIL dan SATU NOMOR telpon genggam (handphone) sebagai saluran komunikasi resmi. Saluran komunikasi tersebut digunakan sebagai sarana pemberian informasi, pengumuman, pemanggilan dan disseminasi informasi lainnya.
    • Peminat yang tidak mengikuti syarat dan prosedur, dinyatakan DISKUALIFIKASI

     

    Pastikan semua data yang Anda masukkan adalah benar. Pelanggaran terhadap ketentuan pengisian data akan menghilangkan kesempatan untuk mendaftar sebagai petugas kesehatan haji dan akan ditindak menurut peraturan berlaku.

    Untuk melakukan pembuatan akun klik sini
    http://puskeshaji.depkes.go.id/rekrutmen/?appid=daftar

    Panduan pembuatan akun PKHI bisa dibaca disini
    2. Pengambilan Nomor Formulir.
    Pengambilan formulir akan dibuka dalam rentang waktu tertentu, keputusan Tim Rekrutmen. Peminat dapat mengambil nomor formulir untuk satu jenis tugas pada suatu tahun tertentu. Pengambilan nomor formulir dapat dilakukan untuk 2  dari 3 kesempatan rekrutmen dalam kurun 3 tahun berjalan.
    3. Pemberkasan (NR) dan Pengiriman ke PO BOX.
    Setelah mengambil NF untuk tahun 2014, maka data dalam AKUN akan digunakan untuk isian formulir. Setelah diteliti bahwa seluruh data telah lengkap dan benar, maka lakukan langkah (submit, dan) cetak pengajuan registrasi. Berkas pengajuan tersebut diberikan nomor registrasi, disingkat NR. Nomor Registrasi (NR) ini akan digunakan untuk kebutuhan tahapan selanjutnya, antara lain: presensi elektronik, recall data, nominasi, pengumuman, dan sebagainya. Pengajuan registrasi dilengkapi dengan berkas persyaratan. Pengiriman ke PO BOX yang telah ditentukan, yang akan dicetak otomatis oleh sistem untuk mencegah kemungkinan salah tulis alamat. Setiap berkas dikirimkan masing-masing, tidak dibenarkan pengiriman secara kolektif atau dikirimkan ke alamat lain. Kekurangan berkas setelah dilakukan seleksi administrasi dapat dilengkapi sesuai konfirmasi melalui email yang dicantumkan dalam data akun.
    4. Seleksi Potensi dan Administrasi.
    Seleksi potensi akan dilakukan dalam bentuk ujian tertulis dan praktik, baik secara online ataupun off-line. Seleksi potensi dilakukan sesuai pilihan jenis tugas dan kemampuan dasar yang dipersyaratkan. Seleksi administrasi dilakukan terhadap seluruh berkas yang dikirimkan. Berkas yang tidak lengkap dapat dikoreksi oleh peminat dengan pengiriman susulan sebanyak satu kali kesempatan. Adapun berkas tidak lengkap yang tidak dilengkapi oleh peminat dan berkas tidak valid, akan dinyatakan gugur (invalid). Peminat yang telah melengkapi berkas sesuai ketentuan, dinyatakan sebagai pendaftar VALID.
    5. Nominasi Peserta dan Pemeriksaan Psikometri.
     Untuk menjamin kemampuan fisik dan mental petugas kesehatan haji, maka dipersyaratkan setiap petugas untuk memiliki derajat kesehatan yang memadai. Dalam hal derajat kesehatan mental, maka setiap petugas dipersyaratkan untuk mengikuti pemeriksaan psikometri. Nominasi peserta psikometri akan diambil dari pendaftar VALID. Jumlah nominasi peserta sebanyak-banyaknya 2 (dua) kali dari jumlah kebutuhan untuk jenis tugas tertentu. Pemeriksaan Psikometri akan diatur kemudian menurut standar dan prosedur yang berlaku. Pendaftar yang terpilih akan diinformasikan melalui email dan/atau saluran/media  informasi resmi.
    6. Nominasi Peserta Latih.
     Dari data pendaftar VALID dan memiliki kriteria mental yang sesuai/memadai, maka dipilih sejumlah nominasi peserta latih. Jumlah nominasi peserta akan ditentukan oleh Tim Rekrutmen. Pendaftar yang terpilih akan diinformasikan melalui email dan/atau  saluran/media  informasi resmi.
    7. Pelatihan Kompetensi.
     Sebelum masuk dalam proses pelatihan, calon peserta latih diminta untuk daftar ulang secara online. Pelatihan ini di-khusus-kan untuk calon petugas kesehatan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan teknis pelayanan kesehatan. Pelatihan ditujukan untuk mengembangkan kemampuan teknis operasional dengan materi kompetensi spesifik dalam pelayanan kesehatan haji. Setiap peserta latih wajib mengikuti sepenuhnya. Proses pelatihan dilakukan secara disiplin dan peserta dapat dinyatakan GUGUR/TIDAK LULUS berdasarkan penilaian selama pelatihan.
    8. Pembekalan Integrasi.
     Sebelum masuk dalam proses pembekalan, calon peserta latih diminta untuk daftar ulang secara online. Pelatihan ini merupakan INTEGRASI dengan seluruh calon petugas haji, baik kesehatan dan non-kesehatan. Pelatihan ditujukan untuk mengembangkan kemampuan koordinasi operasional dengan materi manasik ibadah haji, layanan umum dan layanan terpadu per-haji-an. Setiap peserta latih wajib mengikuti sepenuhnya. Proses pelatihan dilakukan secara disiplin dan peserta dapat dinyatakan GUGUR/TIDAK LULUS berdasarkan penilaian selama pembekalan.
    9. Penetapan Petugas Kesehatan Haji.
     Penetapan sebagai petugas melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI. Penetapan dilakukan terhadap sejumlah petugas sesuai kebutuhan penyelenggaraan layanan kesehatan haji tahun berjalan. Berdasarkan penetapan tersebut, proses dokumen perjalanan haji dilakukan/diproses. Bilamana kebutuhan petugas lebih sedikit daripada jumlah petugas yang ditetapkan, maka sebagian akan ditempatkan sebagai petugas cadangan.
    10. Pengerahan/Penugasan Petugas.  
     Pengerahan petugas akan dilaksanakan sesuai rencana perjalanan haji dan jadual penerbangan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama RI.
Untuk proses kemajuan setiap tahapan dan rentang waktunya, Sekretariat Rekrutmen PKHI, dhi Pusat Kesehatan Haji, Kementerian Kesehatan RI akan memberikan informasi resmi. Penyelenggaraan proses rekrutmen, dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Setiap data yang diberikan, insyaAllah dijaga secara maksimal. Harap kepada peminat untuk tidak memberikan akses masuk AKUN (user-name dan password) kepada orang lain. Kerugian oleh penyalahgunaan akses AKUN atau salah isian menjadi tanggung jawab peminat.
Persyaratan Umum
  • Warga Negara Indonesia yang beragama Islam;
  • Pegawai Negeri (PNS/TNI/POLRI) atau pegawai tetap di Rumah Sakit/Klinik swasta;
  • Bagi pendaftar yang bekerja di Rumah Sakit/Klinik Swasta, melampirkan surat izin operasional Rumah Sakit/Klinik Swasta.
  • Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan Ijazah;
  • Berusia maksimal 55 tahun;
  • Berbadan sehat dan khusus wanita tidak dalam keadaan hamil, berdasarkan hasil medical check up.
  • Berpengalaman kerja sekurang-kurangnya 2 tahun pada tempat yang sama dan dibuktikan dengan SK penempatan atau SPMT, dan surat pernyataan pengalaman bekerja dari atasan langsung dan diketahui pimpinan instansi;
  • Mendapat persetujuan secara tertulis dari atasan langsung dan diketahui pimpinan instansi;
  • Mendapat persetujuan secara tertulis dari suami;
  • Pasangan Suami-istri tidak boleh mengajukan lamaran pada musim haji yang sama;
  • Bersedia tidak memahrami suami-istri, orang tua dan/atau mertua baik sebagai petugas maupun jamaah haji;
  • Bersedia ditempatkan dan ditugaskan sesuai kebutuhan operasional.
  • Tidak sedang terlibat dalam proses hukum.
Persyaratan Khusus
 A. TKHI KLOTER :
Dokter :
  • Memiliki Sertifikat Kegawat Daruratan medik (ATLS, ACLS, ATCLS, ALS, GELS).
  • Memiliki STR/SIP yang masih berlaku.
  • Memiliki Integritas yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Organisasi Profesi.

Perawat :

  • Perawat, dengan pendidikan minimal Sekolah Perawat Kesehatan (SPK).
  • Memiliki Sertifikat kegawat daruratan keperawatan (BTLS, BCLS, BTCLS, BLS, PPGD, Emergency Nursing)
  • Memiliki STR/SIP (Surat Ijin Perawat) yang masih berlaku.
  • Memiliki Integritas yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Organisasi Profesi

B. PPIH ARAB SAUDI BIDANG KESEHATAN.

Dokter/Dokter Gigi :
  • Memiliki STR/SIP yang masih berlaku.
  • Khusus Dokter Umum : Memiliki Sertifikat kegawat daruratan medik (ATLS, ACLS, ATCLS, ALS, GELS).
  • Khusus Dokter Umum, diutamakan bekerja di Unit IGD, ICU,ICCU
  • Dokter Gigi, diutamakan bekerja di Unit Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut.
  • Memiliki Integritas yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Organisasi Profesi

Dokter Spesialis :

  • Memiliki STR/SIP yang masih berlaku.
  • Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Paru, Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Spesialis Saraf, Spesialis Kedokteran Jiwa, Spesialis Bedah dan Spesialis Anestesi.
  • Diutamakan bekerja di Unit Pelayanan Kesehatan.
  • Memiliki Integritas yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Organisasi Profesi

Perawat :

  • Perawat, minimal pendidikan D3 Keperawatan
  • Memiliki STR/SIP yang masih berlaku.
  • Memiliki Sertifikat kegawat daruratan Keperawatan (BTLS, BCLS, BTCLS, BLS, PPGD, Emergency Nursing).
  • Diutamakan bekerja di Unit IGD,ICU,ICCU, IW (Intermediate Ward), Perawatan Geriatric dan Psikiatri.
  • Memiliki Integritas yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Organisasi Profesi

Analis Kesehatan :

  • Minimal pendidikan D3 Analis Kesehatan.
  • Diutamakan bekerja di Instalasi Laboratorium

Rekam Medik :

  • Minimal Pendidikan D3 Rekam Medik
  • Diutamakan bekerja di Unit Rekam Medik Rumah Sakit
  • Mahir menggunakan Program Microsoft Office pada computer

Radiografer :

  • Minimal Pendidikan D3 Penata Rontgen atau Radiodiagnostik
  • Diutamakan bekerja di Unit Pelayanan Radiologi Rumah Sakit
  • Mahir menggunakan Program Microsoft Office pada computer

Teknik Elektromedik :

  • Minimal Pendidikan D3 Teknik Elektromedik
  • Diutamakan bekerja di Unit Pelayanan Elektromedik
  • Mahir menggunakan Program Microsoft Office pada computer

Nutrisionis dan Dietisian :

  • Minimal Pendidikan D3 Gizi
  • Diutamakan bekerja sebagai ahli dietetic di Rumah Sakit
  • Mahir menggunakan Program Microsoft Office pada computer

Tenaga kefarmasian :

  • Minimal pendidikan D3 Farmasi
  • Memiliki STR/SIP yang masih berlaku.
  • Diutamakan bekerja di Instalasi Farmasi/Apotik
  • Mahir menggunakan Program Microsoft Office dan Jaringan Internet pada computer.

Sanitasi Surveilans :

  • Minimal Pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat
  • Diutamakan bekerja di Bidang Epidemiologi atau Sanitasi
  • Mahir menggunakan Program Microsoft Office dan Jaringan Internet pada computer.

FAQ

    Pertanyaan :
    Assalamualaikum Wr Wb. Kami adalah peserta pelatihan PKHI tahun 2013 yang tidak diberangkatkan menjadi TKHI tahun 2013 dikarenakan adanya pemotongan kuota haji. Apakah kami akan diberangkatkan pada tahun 2014 tanpa harus mengikuti seleksi TKHI kembali?

Jawaban:Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Bagi calon petugas yang telah terpilih melalui seleksi Rekrutmen tahun 2013 dan tidak diberangkatkan dikarenakan pemangkasan kuota jemaah haji, maka:
– Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 287/MENKES/SK/VIII/2013 tentang Tim Kesehatan Haji Indonesia Tahun 2013 M/ 1434 H Untuk Kouta 211.000 Jemaah, nama petugas TKHI yang masuk dalam daftar surat keputusan tersebut akan di-PRIORITAS-kan untuk ditugaskan pada tahun 2014 dengan tetap mengikuti proses administrasi rekrutmen PKHI tahun 2014. Prioritas penugasan di-KECUALI-kan bagi petugas TKHI yang terbukti melanggar ketentuan dan aturan aturan berlaku.
– Proses adminitrasi rekrutmen yang dimaksud adalah: pembuatan akun, pengambilan formulir dan Nomor Register (NR). Calon petugas juga tetap diwajibkan untuk mengikuti proses pelatihan kompetensi dan integrasi.

Pertanyaan :
    Assalamualaikum Wr Wb. Bpk/Ibu…. Mohon informasi persyaratan, waktu dan cara pendaftaran TKHI?

Jawaban:Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Berikut informasi tentang persyaratan, waktu dan cara pendaftaran:
– Waktu : Tahapan rekrutmen PKHI Tahun 2014 sudah dimulai sejak tanggal 2 Januari 2014, berupa pembuatan akun peminat. Jadual pelaksanaan akan disampaikan/diumumkan secara tentatif sesuai kronologis tahapan melalui website.
– Cara : Pembuatan Akun merupakan proedur wajib. Peminat harus memiliki SATU Akun saja dan mengisi data secara benar dan lengkap melalui aplikasi online pada alamat: www.puskeshaji.depkes.go.id/webs/ kemudian klik ikon info rekrutmen atau http://puskeshaji.depkes.go.id/rekrutmen/.
– Persyaratan : Persyaratan akan diinformasikan sesuai dengan tahapan yang akan berlangsung, dengan daftar berkas yang akan ditentukan dan diumumkan kepada setiap peserta melalui email/kotak pesan elektronik milik pribadi.

Pertanyaan :
  Assalamualaikum Wr Wb. Saya sudah mengisi isian pembuatan akun, akan tetapi sampai saat ini belum dapat balasan email? Apakah jika salah menuliskan alamat emailnya dan sudah saya submit bisa saya perbaiki?

Jawaban:Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Apabila pendaftar telah mengisi data pada formulir akun dan telah melakukan submit, namun email balasan belum didapat di in-box (kotak masuk), maka dimungkinkan sebagai berikut:
– Pesan balasan diterim SPAM/BULK, silakan periksa pada kedua kotak tersebut, atau
– ada kemungkinan pendaftar telah salah memasukkan alamat emailnya. Untuk menghindari kesalahan ini maka perlu cek kembali isian sebelum pendaftar menekan ikon submit.

Pertanyaan :
Assalamu’alaikum Wr Wb. Mohon informasi bagaimana caranya jika kami ingin mendaftar menjadi fasilitator pada pelatihan petugas kesehatan haji?

Jawaban:Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Untuk berpartisipasi sebagai fasilitator pada pelatihan petugas kesehatan haji Indonesia, peminat dapat mendaftar secara online di website Pusat Kesehatan Haji. Saat ini belum ada pembukaan untuk kesempatan tersebut. Silakan monitor terus melalui website Pusat Kesehatan Haji.

Pertanyaan :
Assalamualaikum Wr Wb. Sampai kapan waktu pembuatan akun peminatan PKHI?

Jawaban:Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Pembuatan akun peminatan PKHI dibuka sepanjang tahun. Beberapa variabel data pada saat pembuatan akun tidak dapat diubah. Untuk menghindari kesalahan maka perlu cek kembali isian sebelum pendaftar menekan ikon/tombol/button submit.

Pertanyaan :
Assalamualaikum Wr Wb. Bagaimana cara pengisian isian data dan pengisian berkas/dokumen terkait yang kami miliki pada tahun 2013, sedangkan pilihan isiannya hanya sampai dengan tahun 2012?

Jawaban:Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Untuk cara pengisian data ikuti petunjuk cara pengisian yang tersedia dan untuk pengisian data berkas/dokumen terkait tahun 2013 kami akan menambahkan tahun pilihan pada isian yang tersedia sampai dengan tahun 2013.

Pertanyaan :
Assalamualaikum Wr Wb. Bagaimana cara pengisian nama apabila nama saya hanya terdiri dari satu suku kata

Jawaban:Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Pengisian nama tetap harus diisi tiga kata. Apabila nama pendaftar terdiri dari satu atau dua kata maka kata nama berikutnya menggunakan nama orang tua/kakek. Nama yang dimasukan pun harus sesuai paspor yang akan digunakan bertugas sebagai petugas kesehatan haji Indonesia apabila terpilih nanti.

Pertanyaan :
Assalamualaikum Wr Wb. Bagaimana cara mengikuti rekrutmen PKHI, sedangkan pada saat ini saya bekerja di luar negeri?

Jawaban:Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Seluruh WNI boleh mengikuti rekrutmen PKHI selama yang bersangkutan memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan. Seluruh tahapan rekrutmen yang telah ditentukan wajib diikuti oleh peminat PKHI, karena setiap tahapan merupakan tahapan seleksi rekrutmen. Apabila tidak memenuhi seluruh tahapan, maka dinyatakan diskualifikasi atau gugur.

Pertanyaan :
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatu maaf saya mau tanya apakah formulir ijin suami, ijin instalasi di seragamkan dari pihak puskes haji atau terserah kami, terimakasih, kapan saya harus mengisi formulir pendaftaran TKHI terimakasih.

Jawaban:Waalaikumsalam Wr. Wb. Seluruh format surat pernyataan antara lain izin suami, izin instansi, surat rekomendasi atasan langsung, surat bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja selama operasional haji,surat pernyataan tidak hamil, surat tidak terlibat dalam proses hukum, dan surat bersedia tidak memahrami memiliki format khusus dari Pusat kesehatan Haji, yang akan ditayangkan dalam persyaratan dan kelengkapan berkas yang dapat diunduh (download).

Pertanyaan :
Assalammu’alaikum wr wb. saya mau bertanya tentang, 1. tanggal SK dan nomor SK, apakah hal tersebut yang dimasukkan kedalam data SK pertama atau SK terakhir? 2. masa kerja, apakah masa kerja seluruhnya atau masa kerja yang tercantum dalam SK terakhir? 3. mulai tugas, apakah yang dimasukkan mulai tugas di rumah sakit atau mulai tugas di bangsal tempat saya dinas saat ini?

Jawaban:Waalaikumsalam Wr. Wb, 1. SK yang dimasukkan adalah tanggal dan nomor SK terakhir seperti SK pengangkatan CPNS ke PNS, SK kenaikan pangkat terakhir, dan SK penempatan terakhir. 2. Masa kerja yang digunakan adalah masa kerja keseluruhan yang dibuktikan dengan SK terakhir. 3. Mulai tugas sesuai dengan SPMT sesuai SK terakhir.

Pertanyaan :
Assalamualaikum… saya mau bertanya,pekerjaan saya skrg sbg dokter PTT. utk input pekerjaan,pada status kepegawaian, saya harus pilih apa? Terimakasih

Jawaban:Waalaikumsalam Wr. Wb , silahkan baca terlebih dahulu semua persyaratan umum dan persyaratan khusus pendaftar calon PKHI. Pada persyaratan umum disebutkan bahwa calon pendaftar PKHI haruslah WNI yang beragama Islam, Pegawai Negeri (PNS/TNI/POLRI) atau pegawai tetap di Rumah Sakit/Klinik swasta.

Pertanyaan :
Bagaimana jika saya tidak bekerja sebagai perawat Di RS tetapi melakukan perawat homecare tetapi saya punya pengalaman kerja RS apakah saya boleh mendaftar dan bagaimana dengan tempat tugas apakah boleh untuk tidak diisi terima kasih bapak/ibu

Jawaban:SIlahkan mendaftar, untuk pengisian data tempat tugas akan ditambahkan sebagai perawat home care.

Pertanyaan :
Assalamua’alaikum wr.wb. Saya telah melakukan pembuatan akun dan melakukan pengisian input data pekerjaan dan .sertifikat sudah saya isi, tetapi setelah saya save,no.sertifikat tidak tampil,bagaimana ya? Padahal sudah saya save,apakah masih bisa dikoreksi lagi? Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih, Wassalamua’laikum wr.wb

Jawaban:Waalaikumsalam. Pengisian form registrasi yang berisi data belum bisa dilakukan, data nomor sertifikat masih dapat di edit. Silahkan ikuti perkembangan informasi selanjutnya di website puskes haji.

CONTOH BERKAS-BERKAS TKHI-PKHI TAHUN 2013

  1. Unduh Surat Pengumuan disini
  2. Unduh Jadwal Rekrutmen disini
  3. Unduh Persyaratan disini
  4. Unduh Petunjuk Registrasi Online disini
  5. Unduh Daftar Kelengkapan Dokumen disini
  6. Unduh Contoh Form Surat disini
  7. Unduh daftar PO BOX dapat diunduh disini
Kontak

Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI

Jl. HR Rasuna Said No. X-5 Kav 4-9
Kuningan, Jakarta 12750
Telp. / Fax. + 62 – 21 – 5251689

DaftarHajiUmroh

DaftarHajiUmroh

ASK ME INFO UMROH Alhijaz Indowisata

0822 3375 6981
Pin 7CA 80 A32

====================================================
DOWNLOAD ==> Jadwal & Biaya Paket Umroh Alhijaz Indowisata
====================================================

More PostsFacebookPinterestYouTube

Share On :
 

Guide

Tentang Kami
Privacy Policy
Hubungi Kami
Disclaimer

Find Us

Twitter
Facebook
Youtube
Google +

About

DaftarHajiUmroh.com adalah situs informasi haji dan umroh. Pembuatan situs bertujuan membantu jamaah indonesia agar mempunyai guide dalam melaksanakan ibadah haji dan umroh.
Informasi Pendaftaran Manasik Biaya Murah Paket Umroh Travel Haji Plus 2014


Powered by @DaftarHajiUmroh.com

Travel Haji Plus Terbaik | Travel Umroh Yang Bagus | Pendaftaran Umroh | Biaya Haji 2014 | Biaya Paket Umroh Maktour 2014 Murah Promo| Informasi Haji Terkini
Paket Umroh Murah Alhijaz Indowisata