Vaksin Meningitis adalah vaksin yang disuntikkan kepada para jamaah haji dan umrah yang hendak melaksanakan ibadah haji dan umrah, dengan tujuan mencegah penularan meningitis meningokokus (radang otak) antar jamaah.

Pakar alergi imunologi dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI, dr Iris Rengganis, vaksinasi ini sangat diperlukan buat bepergian seperti wisata, umrah, dan sebagainya.

Vaksinasi ini tidak hanya dilakukan buat mencegah penularan penyakit meningitis. Tapi juga pada sejumlah penyakit seperti tetanus, tuberkulosis, hepatitis, HIV/AIDS, Japanese Encephalitis hingga malaria.

 

Baluki Ahmad, ketua umum Himpunan Penyelenggara Umroh dan Haji , membenarkan pentingnya vaksin meningitis kepada setiap calon jamaah yang hendak berumroh maupun haji.

Sejak tahun 2002, Kementrian Kerajaan Arab Saudi mengharuskan negara-negara yang mengirimkan jamaah haji dan umrah untuk memberikan vaksin meningitis dan menjadikannya syarat pokok dalam pemberian haji dan umrah.

 

Saat ini tidak semua RS diberikan wewenang untuk menerbitkan Yellow Book (International Certificate of Vaccination or Prophylaxis). Hanya Balai Kesehatan Pemerintah yang terletak di sekitar Bandara atau Pelabuhan saja yang bisa menerbitkan Yellow Book tsb. Sertifikat ini bisa digunakan selama 2-3 tahun.

 

Untuk mendapatkan vaksin ini, calon jamaah bisa datang ke Kantor Dinas Kesehatan atau Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di wilayah masing-masing.

Sebagai bukti bahwa Anda telah divaksin, Anda harus memiliki buku kuning bertuliskan International Certificate of Vaccination of Prophylaxis (ICV) yang asli.

Data memuat nama, alamat, jenis kelamin, jenis vaksin, foto, no. batch, no. kode buku (running number), tanggal penyuntikan, nama dokter yang menyuntikan juga harus ada barcode.

kartu-kuning

 

 

Prosedur Pendaftaran Vaksin Mengitis

jam pendaftaran vaksin meningitis

Pendaftaran Online

Lakukan pendaftaran Vaksin Meningitis secara online untuk mendapatkan jatah kuota

http://kespel.depkes.go.id/vaksinasi_int/vaksinasi_int_public/add

 pelayan-vaksin-online-2-compressor

 

Setelah mengisi form online , anda akan mendapatkan email berisi Permohonan Pelayanan Vaksinasi Internasional ( formulir pendaftaran