Cek Nomor Porsi Haji Keberangkatan Haji

Cara Cek Nomor Porsi Haji Estimasi Tahun Keberangkatan

4.2
(331)

Cek Porsi Haji 2020 – Calon jamaah haji yang sudah daftar haji adalah menunggu tahun berapa bisa berangkat dan sebuah kebahagiaan jika mendapatkan panggilan haji karena antrian haji sudah sangat panjang dengan masa tunggu 15 tahun. 

Nomor porsi adalah nomor yang terdiri dari 10 digit sebagai nomor antrian tahun keberangkatan haji. Dengan cek porsi haji calon jamaah bisa mengetahui estimasi tahun keberangkatan, Anda bisa memasukkan nomor porsi anda pada form dibawah ini

Baca : Haji Tanpa Antri Berangkat 2020 (Visa Furoda)

Masukkan Nomor Porsi Haji Disini

( contoh : 1001099999 ) 

Bagaimana Jika Saya Ternyata Estimasi Berangkat Tahun  2020 ?

Jamaah yang akan berangkat tahun 2020 akan mendapatkan panggilan telp dari kemenag sekitar bulan desember 2019. Jamaah akan ditanyain  hajinya mau ikut KBIH atau tidak? Kalau ikut KBIH ngikutin zonasi wilayah sedangkan jika tidak ikut KBIH maka jamaah secara mandiri perlu mengurusi sendiri ke kemenag. Jika tidak mendapatkan panggilan dari kemenag mungkin karena nomor hp sudah ganti, calon jamaah bisa segera mendatangi kemenag setempat. 

Manasik haji di kemenag biasanya sekitar bulan Syawal 2020 , sedangkan manasik haji di KBIH lebih dahulu sekitar bulan Desember 2019. Untuk pelunasan biaya haji, calon jamaah bisa menunggu pengumuman biaya haji dari Presiden sekitar bulan Februari – Maret 2020

Baca : Biaya Haji Per Embarkasi dan Jadwal Pelunasan

Baca  : Panduan Manasik Haji Lengkap

Kapan waktu yang tepat bagi jamaah mengecek estimasi tahun keberangkatan? dan mengapa tahunnya sering berubah?

Calon jamaah sebaiknya memang rutin mengecek nomor porsinya. Karena estimasinya tahun keberangkatan itu bisa berubah setiap saat yang disebabkan banyak hal, misal pengurangan kuota akibat renovasi Masjidil Haram, ada calon jamaah haji yang meninggal duluan sebelum berangkat haji dll.

Namun waktu yang cocok  dimana jamaah (terutama bagi calon jamaah yang akan berangkat tahun berjalan)  harus tahu tahun keberangkan adalah bulan Januari, karena Januari adalah bulan diantara dimana Kemenag sudah menyelesaikan tugas pelayanan hajinya dan bulan yang akan mendekati pelunasan BPIH.

Apa yang sebaiknya saya lakukan jika saya tidak bisa mengecek estimasi tahun keberangkatan haji saya?

Cek-porsi-haji-daftarhajiumroh.com
Cek nomor porsi sering mengalami eror saat musim haji dan beberapa waktu setelahnya. Ini dikarenakan kemenag mulai mengupdate lagi  nomor porsi calon jamaah setelah pulang dalam pelayanan jamaah haji di tanah suci.

Jika mengalami eror data tidak ditemukan, calon jamaah bisa mengecek di lain hari atau bisa hubungi call center Haji Indonesia atau bisa menghubungi Kemenag setempat tempat mendaftar.

Baca : Syarat dan Cara Daftar Haji Reguler 

Menghubungi Call Center Haji Indonesia 021 500425 atau hub bagian data Kemenag Telp. 021-3509177, 021-3509178, 021-3509179, 021-3509180, 021-3509181. Sedangkan untuk haji khusus atau haji plus 021-34833924 

Porsi Haji Bisa Diwariskan

Apakah porsi haji bisa diwariskan?
Porsi Haji bisa dilimpahkan dengan catatan jemaah tersebut meninggal atau sakit secara permanent (Lihat Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.1/MENKES/33/2020 tanggal 17 Januari 2020 tentang Kategori Sakit Permanen dalam Penyelenggaraan Kesehatan Haji ) Unduh di http://puskeshaji.kemkes.go.id/upload/pedoman/files/Surat_Edaran_Sakit_Permanen.pdf) dan tidak memungkinkan untuk melanjutkan ibadah.

Hal ini sesuai Surat Edaran Kemenag Nomor 20002 Tahun 2020 terkait Pelimpahan Nomor Porsi Jemaah Haji dan Keputusan Dirjen PHU Nomor 130 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pelimpahan Porsi Jemaah Haji Meninggal Dunia atau Sakit Permanen. (Unduh di : http://rupawan.kemenag.go.id/s/8ZPIw9O56n8zEOk)

Persyaratan yang harus dilengkapi
A. Jemaah Haji Meninggal Dunia (http://hajijatim.id/file_download/checklist_wafat.pdf
1. Menyerahkan salinan akta kematian
2. Memberikan bukti asli setoran awal dan/atau setoran lunas biaya penyelenggaraan ibadah haji (Bipih)
3. Surat kuasa asli penunjukan pelimpahan nomor porsi jemaah haji meninggal dunia yang ditandatangani oleh pihak suami/istri, ayah, ibu, anak kandung, atau saudara kandung yang diketahui oleh RT, RW, dan lurah/kepala desa sebagaimana format terlampir di http://hajijatim.id/file_download/kuasa_wafat.docx
4. Surat Asli Keterangan Tanggung Jawab Mutlak yang ditandatangani oleh jemaah haji penerima pelimpahan sebagaimana format terlampir di http://hajijatim.id/file_download/stjm_wafat.docx
5. Sertakan salinan KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Salinan Akta Nikah, atau Bukti lainnya sesuai nomor porsi jemaah dengan catatan wajib asli.

B. Jemaah Haji Sakit Permanen (http://hajijatim.id/file_download/checklist_sakit.pdf)
1). Asli surat keterangan sakit dari rumah sakit pemerintah dengan kategori sakit sesuai surat edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/33/2020 tentang Kategori Sakit Permanen dalam Penyelenggaraan lbadah Haji.
2). Asli bukti setoran awal dan/atau setoran lunas Bipih.
3). Asli surat kuasa penunjukan pelimpahan nomor porsi jemaah haji sakit permanen kepada suami, istri, ayah, ibu, anak kandung, atau saudara kandung yang ditandatangani oleh yang bersangkutan dan diketahui oleh RT, RW, dan Lurah/Kepala Desa sebagaimana format terlampir di http://hajijatim.id/file_download/kuasa_sakit.docx.
4). Asli Surat Keterangan Tanggung Jawab Mutlak yang ditandatangani oleh jemaah haji penerima pelimpahan sebagaimana format terlampir di http://hajijatim.id/file_download/stjm_wafat.docx.
5). Salinan KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran/Surat Kenai Lahir, Salinan Akta Nikah, atau bukti lain jemaah penerima pelimpahan nomor porsi dengan menunjukkan aslinya.

Dimana Melihat Nomor Porsi Haji Saya?

Calon jamaah haji yang sudah melakukan setoran awal haji sebesar 25 juta ke BPS (bank)  dan melakukan pendaftaran di Kemenag setempat akan mendapatkan nomor porsi haji. Nomor porsi ini semacam nomor antrian untuk keberangkatan haji. Dengan nomor porsi haji, calon jemaah haji bisa mengecek estimasi tahun keberangkatan ada secara online.

Nomor Porsi Haji tertera di Surat Pendaftaran Pergi Haji dari Kemenag

nomor porsi Haji
bukan nomor porsi haji

Fungsi mengetahui estimasi tahun keberangkatan haji adalah adalah untuk persiapan biaya pelunasan BPIH, persiapan perlengkapan haji yang harus dibawa , persiapan pemantapan ilmu tentang manasik haji dan persiapan fisik.

Baca  : 9 Daftar Perlengkapan Haji Yang Dibawa 

Berikut cara melihat estimasi tahun keberangkatan haji dengan mengecek nomor porsi:

  1. Setelah Jemaah melakukan pembayaran setoran awal haji sebesar 25juta ke BPS (bank) dan melakukan pendaftaran di kemenag setempat akan mendapatkan nomor porsi haji.
  2. Jika anda jemaah haji plus, mintalah bantuan travel haji plus tempat Anda mendaftar, bila anda belum dapat nomor porsi sebagai bukti legal anda adalah jamaah yang yang terdaftar di Kemenag.

Apakah Artikel Ini Membantu ?

Rate Sekarang Guna Meningkatkan Kualitas Artikel

Average rating 4.2 / 5. Vote count: 331

No votes so far! Be the first to rate this post.

156
Leave a Reply

avatar
153 Comment threads
3 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
35 Comment authors
YuliTham EffendieAntoPonimanYuyun Taryuni Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest
Notify of
Yuli
Guest
Yuli

Kok orang tua saya daftar sudah bulan… Read more »

Tham Effendie
Guest
Tham Effendie

aplikasi cek porsi tidak berfungsi alibi ‘sedang… Read more »

Poniman
Guest
Poniman

Aslmglkm….minta pencerahan nya….di th 2019 sy sdh… Read more »

Yuyun Taryuni
Guest
Yuyun Taryuni

Kenapa nggak bisa dicek pemberangkatannya….daftar sudah 1… Read more »

Danudin
Guest
Danudin

Departemen kementrian agama yang terhormat, Kenapa proses… Read more »

subhanallah, alhamdulillah, Allahu Akbar