Kepuasan Pelanggan Jamaah Umrah

Last Updated on Oktober 31, 2020 by Anto

Perkembangan konsep pemasaran tidak terlepas dari fungsi organisasi yang pada akhirnya mencapai tujuan untuk memuaskan pelanggan. Pemasaran berperan dalam perusahaan, yang akan menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan dalam jangka panjang. Nilai merupakan kombinasi dari banyak hal, termasuk Kualitas dan layanan pelanggan. Perusahaan yang mengalami kerugian dalam perbaikan dan pemeliharaan akan mencoba untuk memutakhirkan kualitas produk, belum lagi mengurangi kualitas produk jasa, dan semuanya akan terbayar dengan cara kurangi risiko pemasaran. Kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama dari aktivitas perusahaan serta dapat memaksimalkan penghasilan. Karena pelanggan menuntut orang-orang perusahaan memenuhi standar kualitas tertentu, jadi akan berdampak pada kinerja perusahaan itu sendiri.

Persaingan dalam dunia bisnis merupakan kondisi yang harus dihadapi perusahaan. Dengan ekonomi global membuat perusahaan yang bergerak di industri manufaktur dan jasa harus lebih kompetitif. Hingga saat ini, salah satu pasar yang terus berkembang di Indonesia adalah pasar konsumen jasa. Contohnya saja dalam melaksanakan ibadah haji dan umroh. Perkembangan layanan umrah saat ini Semakin banyak dengan aktivitas jasa travel ibadah umrah yang terus bermunculan. Semakin banyaknya Layanan Umroh ini menunjukkan bahwa layanan Umrah yang telah banyak berkembang.

Kepuasan Pelanggan Jamaah Umrah

Dampak keandalan terhadap kepuasan pelanggan (Reliability)

Keandalan adalah kemampuan untuk memberikan layanan yang dijanjikan dengan tepat waktu. Kemampuan yang Akurat dan terpercaya (independen), terutama dalam hal menyediakan layanan yang selalu Tepat waktu (on time), sama seperti jadwal yang dengan sangat jelas dikatakan bahwa “Berjanjilah dan jangan pernah melakukan kesalahan” setiap saat. Keandalan memiliki pengaruh yang positif, dan sangat penting untuk kepuasan pelanggan. Kemudahan pelayanan, kecepatan pelayanan, keakuratan pelayanan, serta fasilitas-fasilitas yang memberikan kenyamanan bagi para jamaah akan lebih meningkatkan kepuasan konsumen.

Dampak responsivitas terhadap kepuasan pelanggan (Responsiveness)

Respons adalah kebijakan Membantu dan memberikan layanan yang cepat (responsif) dan akurat. Pelanggan harus diberikan informasi yang jelas. Membiarkan konsumen Menunggu adalah persepsi negatif tentang kualitas sebuah layanan. Daya tanggap yang cepat menjadi sebuah kemasan yang membantu konsumen dan dengan cepat pula dalam memberikan layanan.

Berdasarkan penelitian, Responsivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan. Pegawai Perusahaan Jasa Travel harus lebih cepat tanggap terhadap keinginan para jamaah. Sehingga ketika jamaah membutuhkan bantuan dapat ditangani secepat mungkin tanpa harus menunggu lama. Pelayanan yang cepat juga mempengaruhi kepuasan konsumen karena biasanya konsumen tidak sabar apabila menunggu terlalu lama.

Menjamin informasi terhadap kepuasan pelanggan (Assurance)

Jaminan informasi yang akurat dan tepat adalah sebagai pemahaman yang harus diberikan staf perusahaan tentang produk yang diberikan. Staf juga lah yang harus memberikan layanan secara tepat dan sopan, keterampilan internal perusahaan dalam Memberikan informasi, memberikan kemampuan keamanan dan kemampuan internal akan menanamkan kepercayaan pelanggan pada perusahaan.

Perlu ditingkatkan dan dipertahankan keramahan pegawai maupun pendamping pada saat berlangsungnya ibadah umroh maupun haji. Karena sikap pegawai yang ramah akan membuat konsumen merasa senang dan nyaman dalam menerima pelayanan yang diberikan. Faktor kesehatan jamaah pada waktu sebelum, saat dan sesudah berlangsungnya ibadah umroh maupun haji juga sangat penting untuk diperhatikan oleh perusahaan jasa travel. Karena apabila ada jamaah yang sakit akan mengganggu jalannya proses ibadah itu sendiri. Sarana dan prasarana juga harus dijamin dengan baik oleh Perusahaan.

Perhatikan sikap empati terhadap kepuasan pelanggan (Emphaty)

Pentingnya sikap kontak antara personel dan perusahaan untuk memahami Kebutuhan dan kesulitan konsumen, komunikasi yang baik, perhatian pribadi, kenyamanan komunikasi atau hubungan. Empati dalam memberikan perhatian yang tulus dan personal perlu ditugaskan secara individu kepada pelanggan dengan berusaha untuk memahami keinginan konsumen. Diharapkan perusahaan dapat memahami pelanggan dan segala kebutuhan mereka serta Memberi pelanggan waktu dalam pengoperasian produk yang nyaman pula.

Mengembangkan kemampuan berkomunikasi antara pegawai dengan konsumen agar konsumen merasa nyaman dan puas menggunakan jasa Travel Umroh. Kualitas pelayanan perlu diperhatikan oleh pihak Perusahaan yaitu dengan memberikan kemudahan bagi para konsumen dalam menghadapi berbagai permasalahan. Karena semakin baik kualitas pelayanan di mata konsumen akan semakin tinggi tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen dan semakin baik pula citra perusahaan dilingkungan masyarakat.

Dampak aset berwujud terhadap pelanggan (Tangibles)

Karena Anda tidak dapat melihat suatu wujud layanan secara fisik, serta tidak dapat mencium aromanya dan merabanya, maka pentingnya Anda dapat Kemudian menciptakan barang berwujud yang akan menjadi indikator penting dalam layanan pelanggan. Gunakan kualitas layanan yang diberikan dalam penilaian visi perusahaan. Aset berwujud mengacu pada fasilitas fisik, peralatan, sarana komunikasi dan hal-hal lain yang tersedia yang harus digunakan dalam proses pelayanan demi terciptanya kepuasan pelanggan pada perusahaan.

Kebersihan dan kenyamanan ruangan kantor pun juga harus selalu ditingkatkan. Perusahaan jasa travel umroh dirasa juga perlu menambah fasilitas seperti musholla, sehingga apabila ada konsumen yang ingin melakukan ibadah tidak perlu keluar kantor untuk mencari tempat ibadah. Busana yang dikenakan pegawai juga harus diperhatikan mungkin dari segi keseragaman warna yang berbeda setiap harinya dan kebersihannya.

Poin Penting Pelanggan bagi sebuah Perusahaan

Kepuasan Pelanggan Jamaah Umrah

Globalisasi telah membawa perubahan besar bagi perusahaan untuk berkompetisi. Perusahaan yang dapat memberikan nilai tambah kepada konsumen akan terus berkembang. Nilai pelanggan yang sistematis adalah keuntungan yang diharapkan konsumen, dikurangi biaya yang harus dibayar untuk menggunakan Fasilitas dan infrastruktur. Yang diterbitkan dan aset tidak berwujud berupa jasa. Tentunya keuntungan yang didapat harus lebih besar dari pada biaya yang dikeluarkan. Dikeluarkan oleh konsumen untuk mengembangkan nilai pada tingkat yang terjangkau dan meningkatkan kinerja dan pengalaman konsumen. Ambil jalan lain kalau transaksi bisa menciptakan nilai tambah bagi konsumen. Dan mendatangkan keuntungan bagi konsumen atau memberikan layanan berdasarkan apa apa yang diharapkan konsumen. Berikut poin-poin penting yang telah dirangkum:

  1. Reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan artinya semakin tinggi tingkat reliability yang ditunjukkan oleh perusahaan maka akan berpengaruh pada peningkatan kepuasan pelanggan.
  2. Responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan artinya semakin tinggi tingkat responsiveness yang ditunjukkan oleh perusahaan maka akan berpengaruh pada peningkatan kepuasan pelanggan.
  3. Assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan artinya semakin tinggi tingkat assurance yang ditunjukkan oleh perusahaan maka akan berpengaruh pada peningkatan kepuasan pelanggan.
  4. Emphaty berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan artinya semakin tinggi tingkat emphaty yang ditunjukkan oleh perusahaan maka akan berpengaruh pada peningkatan kepuasan pelanggan.
  5. Tangibles berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan artinya semakin tinggi tingkat tangibles yang ditunjukkan oleh perusahaan maka akan berpengaruh pada peningkatan kepuasan pelanggan.

Berdasarkan uraian diatas, pentingnya untuk mengetahui sejauh mana reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jamaah pada jasa travel umroh yang akan dipilihnya nanti.

Apakah Artikel Ini Membantu ?

Rate Sekarang Guna Meningkatkan Kualitas Artikel

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar