Apa itu nomor porsi?

Nomor porsi adalah nomor yang terdiri dari 10 digit yang didapatkan calon jamaah haji setelah melakukan setoran awal 25juta di BPS-BPIH (Bank Penerima Setoran – Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji).

Nomor porsi sebagai nomor antrian tahun keberangkatan ibadah haji.

Untuk mengetahui estimasi tahun keberangkatan, Anda bisa memasukkan nomor porsi anda pada form dibawah ini:


* Perkiraan berangkat dapat berubah, sesuai dengan regulasi.

Kapan waktu yang tepat bagi jamaah mengecek estimasi tahun keberangkatan? dan mengapa tahunnya sering berubah?

Calon jamaah sebaiknya memang rutin mengecek nomor porsinya. Karena memang estimasinya tahun keberangkatan itu bisa berubah setiap saat yang disebabkan banyak hal, misal pengurangan kuota akibat renovasi Masjidil Haram, ada calon jamaah haji yang meninggal duluan sebelum berangkat haji dll.

Namun waktu yang cocok  dimana jamaah (terutama bagi calon jamaah yang akan berangkat tahun berjalan)  harus tahu tahun keberangkan adalah bulan Januari, karena Januari adalah bulan diantara dimana Kemenag sudah menyelesaikan tugas pelayanan hajinya dan bulan yang akan mendekati pelunasan BPIH. Karena banyak update database nomor porsi setelah musim haji dan menjelang pelunasan BPIH.

 

Apa yang sebaiknya saya lakukan jika saya tidak bisa mengecek estimasi tahun keberangkatan haji saya?

Cek nomor porsi sering mengalami eror saat musim haji dan beberapa waktu setelahnya. Ini dikarenakan kemenag mulai mengupdate lagi  nomor porsi calon jamaah setelah pulang dalam pelayanan jamaah haji di tanah suci.

Jika mengalami eror, berikut tips yang bisa Anda lakukan:

Calon jamaah bisa mengecek di lain hari.

call-center-hajiMenghubungi Call Center Haji Indonesia 021 500425 atau hub bagian data Kemenag Telp. 021-3509177, 021-3509178, 021-3509179, 021-3509180, 021-3509181. Sedangkan untuk haji khusus atau haji plus 021-34833924


 

Cara Mengetahui Nomor Porsi Haji

Calon jamaah haji yang sudah melakukan setoran awal haji sebesar 25 juta ke BPS (bank)  akan mendapatkan nomor porsi haji. Nomor porsi ini semacam nomor antrian untuk keberangkatan haji. Dengan nomor porsi haji, calon jemaah haji bisa mengecek estimasi tahun keberangkatan ada secara online.

 

Fungsi mengetahui estimasi tahun keberangkatan haji adalah adalah untuk persiapan haji seperti pelunasan BPIH, persiapan perlengkapan haji yang harus dibawa atau persiapan pemantapan ilmu tentang manasik haji dan sebagainya.

Berikut cara melihat estimasi tahun keberangkatan haji dengan mengecek nomor porsi:

 

1.  Setelah Jemaah melakukan pembayaran setoran awal haji sebesar 25juta ke BPS (bank) akan mendapatkan  bukti setoran awal BPIH yang mencantumkan nomor porsi haji. Nomor porsi haji terdiri dari 10 digit dan nomor porsi yang tertear di bukti setoran awal di bank. Karena banyak jamaah yang mengira bahwa nomor porsi haji adalah nomor SPPH, padahal bukan.

NomorPorsiHaji

 

2. Jika anda jemaah haji plus, mintalah bantuan travel haji plus tempat Anda mendaftar, bila anda belum dapat nomor porsi sebagai bukti legal anda adalah jamaah yang yang terdaftar di Depag.

3. Jamaah harus sabar dalam menunggu antrian berangkat, walaupun haji plus saat ini harus antri beberapa tahun.

4 Dengan mendapat nomor porsi berarti anda adalah jamaah haji kuota Depag Resmi ( haji non-kuota tidak ada nomor porsi )

Baca Artikel Lainnya