4.7
(3)

Terjadinya Kasus Penipuan Travel Umroh

Kasus travel umroh tidak memberangkatkan jamaahnya yang booming awal 2018 menjadi perhatian nasional. Tidak hanya  jamaah saja yang menjadi korban , tetapi juga penyedia hotel , penyedia tiket umroh, dan provider visa (sesama travel umroh)  juga mengalami kerugian akibat kerjasama yang tidak baik.

Sejatinya travel umroh adalah melayani jamaah namun dibalik keuntungan ada risiko, perlu kehati-hatian  agar travel umroh tidak melakukan kesalahan dari awal atupun blunder di tengah jalan yang berakibat kepada pihak lain terutama jamaah sebagai tamu Allah

kasus-first-travel

Umroh adalah perjalanan Group Inclusive Tour (GIT)  bukan Free Individual Tour (FIT) baik untuk tiket dan hotelnya. Kadang satu pesawat sudah dibooking oleh 4- 5 travel umroh atau hotel biar kamarnya jamaah agar tidak berjauhan misal ada di lt 1 dan lt 2 , bukan lt 6. Maka biasanya pendaftaran umroh akan dibatasi kuota atau seatnya dalam satu keberangkatan

Baca : Tak Ingin Gagal Berangkat Umroh, Kenali Penyebabnya

Berikut 7 Tips Memilih Travel Umroh

1   Pilih Travel Umroh Memiliki Ijin Resmi PPIU

Pastikan travel umroh resmi memilki legalitas yang jelas lengkap dan masih berlaku. Ijin travel umroh dan haji berlaku 3 tahun, jadi pihak travel berkewajiban untuk memperpanjang ijinnya ke Kementrian Agama jika masa ijinnya sudah habis. Legalitas yang jelas adalah syarat mutlak travel umroh resmi , karena hal itu adalah menyangkut kredibiltas dan tanggung-jawab sebagai penyelenggara terhadap pelayanan para jamaah sejak saat berangkat, saat berada di Tanah suci sampai kembali dengan selamat ke Tanah Air.

Saat artikel ini ditulis, travel umroh berijin sudah berjumlah 1016. Cek travel umroh berijin PPIU  https://simpu.kemenag.go.id/

Pos Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji Khusus di Bandara

Karena itu dimulai musim umroh 1440 H setahun yang lalu, Kementrian Agama mulai melakukan pengawasan ke travel umroh menggunakan sistem pelaporan yang  berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Saat ini Kemenag memberlakukan Siskopatuh sehingga jamaah yang akan berangkat dari travel umroh akan mendapatkan ID Card Siskopatuh berbarcode dan Kemenag sudah meresmikan Pos Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji Khusus di Bandara Soetta

2. Pilih yang Sudah Tergabung dalam Asosiasi Travel Umroh

Berikut Asosiasi travel umroh di Indonesia

Himpuh  http://himpuh.or.id/indonesia/index.php/himpuh-member

Asphurindo https://asphurindo.org/ (tidak ada link yang menunjukkan data anggota)

Amphuri http://www.amphuri.org/content_member.php

Kesthuri http://www.kesthuri.com/public/index.php/profil-kesthuri/daftar-anggota

Sapuhi https://www.sapuhi.com/ (tidak ada link yang menunjukkan data anggota)

 

3. Mintalah Brosur Harga Paket & Itinerary Perjalanan Ibadah Umroh

Memerhatikan paket umroh dan itinerary merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Hal ini untuk mengukur apa saja yang akan Anda lakukan selama di tanah suci, perlengkapan yang mungkin dibawa, serta sepadan atau tidak biaya umroh yang telah Anda keluarkan.

Di Paket umroh calon jamaah bisa lihat

  • Maskapai apa ? landing jeddah atau madinah? ada transit atau tidak?
  • Hotel tempat menginap bintang berapa ? jarak ke masjid berapa jauh ?

Berikut contoh itinerary umroh

itinerary umroh

4. Terpercaya Memiliki Track Record

Penting kita dalam memilih travel umroh terpercaya dengan  melihat Track Recordnya atau catatan perjalanan perusahaan :

Tahun berapa berdiri : Semakin lama perusahaan tersebut berdiri, berarti perusahaan tersebut telah memiliki pengalaman yang cukup matang sebagai penyelenggara perjalanan umroh

Berapa kali  memberangkatkan Jamaah : Semakin sering / rutin perusahaan tersebut memiliki jadwal pemberangkatan jamaah, berarti perusahaan memiliki kredibilitas dan kerjasama yang baik dengan instansi2 terkait  (Dept. Imigrasi untuk urusan Pasport dan Visa, Dept. Kesehatan untuk urusan vaksin manginitis, Maskapai Penerbangan, Hotel, Catering, Transportasi dll) untuk memback-up jadwal pemberangkatan yang pasti. Semakin banyak jumlah jamaah yang berangkat, berarti tingkat kepercayaan jamaah pada perusahaan tersebut sudah sangat  baik dan semua itu adalah kembali pada kepuasan pelayanan jamaah.

5. Memberikan Fasilitas Terbaiknya

kantor lamahu travel umroh

Sebelum Anda memutuskan berangkat dengan suatu  Biro Penyelenggara perjalanan Umroh / Haji Plus, yang harus diperhatikan adalah berbagai failitas apa yang Anda dapatkan , antara lain :

  • Total Biaya / Harga yang pasti (fixed)
  • Biaya lain yang menjadi tanggungan jamaah (Airport Tax, Visa dan Vaksin)
  • Hotel Bintang Berapa dan berapa jarak dari hotel tersebut ketempat ibadah (Masjid Nabawi dan Majidil haram)
  • Pesawat apa yang digunakan ….. (Langsung Jeddah atau Transit terlebih dahulu)
  • Jadwal Manasik sebelum pemberangkatan
  • Perlengkapan Umroh / Haji Plus yang didapat (Travel bag, kain ihrom, mukena, seragam, buku petunjuk manasik, ID Card dll)
  • Jaminan Asuransi Jiwa dan Kecelakaan
  • Kemudahan cara pembayaran / pelunasan
  • Dan lain lain

6. Transfer Dana Biaya Umroh

Segala jenis transaksi pembayaran, hendaknya semua dilakukan dengan sistem transaksi pembayaran melalui jasa perbankan (transfer / debit rekening) atau seandainya Anda melakukan pembayaran secara tunai, hendaknya dilakukan langsung pada kasir perusahaan dengan mendapatkan bukti pembayaran berupa Invoice Pembayaran dengan cap perusahaan.

Transfer dana dilakukan ke rekening atas nama perusahaan, hindari pembayaran ke rekening atas nama pribadi walaupun ”yang bersangkutan” adalah penangung-jawab perusahaan tersebut.

7. Agen Perwakilan

Sesuai dengan perkembangan perusahaan dan tuntutan kebutuhan para jamaah untuk kemudahan dalam hal pendaftaran umroh / haji plus, Perusahaan Travel / Biro Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji plus membuka kesempatan membuka kantor2 perwakilan diberbagai daerah di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah.

Yang perlu Anda perhatikan bila pendaftaran melalui Agen Perwakilan , Anda harus memperhatikan antara lain :

  • SK Penunjukan Sebagai Agen Perwakilan Resmi dari kantor Pusat yang masih berlaku
  • Domisili Kantor Perwakilan yang jelas
  • Siapa Penanggung Jawab Kantor Perwakilan tersebut
  • SDM Pengelola Kantor Perwakilan
  • Dan lain lain

Lihat Review Travel Umroh di Google dan Facebook

Review Travel Umroh di Google

review-lamahu-umroh-2

Review Travel Umroh di Facebook

review-lamahu-umroh-facebook

Demikian artikel mengenai tips bagaimana memilih travel umroh agar bapak ibu sebagai jamaah bisa mendapatkan fasilitas , pelayanan, dan bimbingan yang baik selama perjalanan ibadah umroh.

Apakah Artikel Ini Membantu ?

Rate Sekarang Guna Meningkatkan Kualitas Artikel

Average rating 4.7 / 5. Vote count: 3