Keistimewaan Umroh di Bulan Ramadhan 2015

DaftarHajiUmroh - Biaya Umroh Paket Travel Jakarta » Keistimewaan Umroh di Bulan Ramadhan 2015

Keistimewaan Umroh di Bulan Ramadhan 2015

 

Salah satu amal istimewa di bulan puasa adalah umrah di bulan Ramadhan. Keutamaannya menyerupai ibadah haji. Diriwayatkan dalam Shahihain, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda kepada seorang wanita Anshar, “Apa yang menghalangimu untuk ikut berhaji bersama kami?” Ia menjawab, “Kami tidak memiliki kendaraan kecuali dua ekor unta yang dipakai untuk mengairi tanaman. Bapak dan anaknya berangkat haji dengan satu ekor unta dan meninggalkan satu ekor lagi untuk kami yang digunakan untuk mengairi tanaman.” Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

 

فَإِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فَاعْتَمِرِي ، فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجّ

“Maka apabila datang Ramadhan, berumrahlah. Karena sesungguhnya umrah di dalamnya menyamai ibadah haji.” Dalam riwayat lain, “Seperti haji bersamaku.”

 

Lalu apa maksud dari hadits di atas?

Para ulama berbeda pendapat tentang orang yang akan mendapatkan keutamaan yang tersebut dalam hadits. Paling tidak ada tiga pendapat utama:

 

Pertama ;
Hadits ini khusus untuk wanita yang diajak bicara oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Di antara ulama yang berpendapat dengannya adalah Sa’id bin Jubair dari kalangan Tabi’in. (lihat fathul Baari, Ibnul Hajar: 3/609)

Sandaran pendapat ini adalah hadits Ummu Ma’qil, beliau berkata: “Haji adalah haji dan umrah adalah umrah. Sungguh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah mengatakan hal ini kepada-ku; aku tidak tahu apakah itu khusus untuk-ku, -yakni: ataukah untuk manusia secara umum-.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud, no. 1989, hanya saja lafadz hadits ini lemah. Dilemahkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Dhaif Abi Dawud)

 

Kedua :
Keutamaan umrah ini bagi orang yang berniat haji lalu tidak mampu mengerjakannya. Kemudian ia menggantinya dengan umrah di Ramadhan. Sehingga ia mendapat pahala haji secara sempurna bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam karena terkumpul dalam dirinya niat haji dalam pelaksanaan umrah.

 

Ibnu Rajab dalam Lathaif al-Ma’arif berkata: Dan ketahuilah, orang yang tak mampu dari satu amal kebaikan dan bersedih serta berangan-angan bisa mengerjakannya maka ia mendapat pahala bersama dengan orang yang mengerjakannya. –lalu beliau menyebutkan contoh-contohnya, di antaranya- beberapa wanita tidak bisa berhaji bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Maka saat beliau kembali, para wanita bertanya tentang sesuatu yang bisa mencukupkannya (menyamai) dari haji tersebut. Beliau bersabda: ‘Berumrahlah di Ramadhan. Karena sesungguhnya umrah di Ramadhan menyamai ibadah haji atau haji bersamaku’.” Selesai. Ibnu Katsir dalam Tafsirnya juga menyimpulkan yang sama (I/531)

 

Makna Umrah di Ramadhan menyamai Haji

Keutamaan umrah di Ramadhan yang menyamai haji memiliki makna  tidak diragukan lagi bahwa umrah di Ramadhan tidak mencukupkan seseorang dari kewajiban haji. Maknanya, siapa yang sudah umrah di Ramadhan tidak lantas ia terbebas dari kewajiban mengerjakan haji yang wajib.

 

Maksud dari hadits adalah penyamaan pahala, bukan penyamaan dalam pelaksanaan perintah. Jadi, samanya di sini adalah kadar pahala antara umrah di Ramadhan dan pahala haji. Bukan dari jenis dan bentuknya. Dan tidak diragukan lagi bahwa haji lebih utama daripada  umrah ditinjau dari jenis amal.

 

Maka siapa yang sudah umrah di Ramadhan maka ia mendapatkan pahala sebanyak pahala haji. Hanya saja dalam pelaksanaan ibadah haji terdapat keutamaan, keistimewaan, dan kedudukan yang tidak didapatkan dalam umrah. Seperti doa di Arafah, melempar jumrah, menyembelih hewan kurban, dan selainnya. Walaupun keduanya sama dalam kadar banyaknya pahala, namuan keduanya tidak sama dalam pelaksanaan dan jenis ibadah.

 

 

masjidil haram ramadhan
 

 

Tak dapat ditampik, ketika Ramadhan tiba, di situlah salah satu puncak dari musim umrah setiap tahun. Tanah Suci dibanjiri umat Islam yang datang dari berbagai sudut bumi. Biasanya permintaan jamaah akan semakin meningkat pada saat akhir Ramadhan. Umumnya, mereka mengejar Lailatul Qadar dan program i’tikaf di Masjidil Haram. Seperti diketahui, pada Lailatul Qadar ibadah setiap Muslim akan dibalas dengan nilai lebih dari dari seribu bulan. Itu karena umrah Ramadhan memang sangat istimewa. Pada masa Ramadhan inilah setiap amalan bakal dilipatgandakan. Ramadhan juga menjadi kesempatan untuk memohon ampun atas segala dosa.

 

Semuanya tertuju untuk mencari berkah di bulan penuh rahmat ini. Karena, di sinilah salah satu keutamaan umrah.

 

Alasan lainnya, mengapa umrah pada Ramadhan begitu besar antusiasmenya, karena besarnya amalan yang diganjar saat Ramadhan. Setiap amalan akan dilipatgandakan pahalanya. Amalan yang bernilai sunah apabila dilaksanakan pada masa Ramadhan maka pahala yang diperolehnya senilai dengan amalan fardhu. Sedangkan, amalan fardhu apabila dilaksanakan pada Ramadhan maka pahala yang diperoleh 70 kali lipat lebih besar dibandingkan apabila dilaksanakan pada hari di luar Ramadhan

 

Keutamaan dari umrah Ramadhan ini karena adanya balasan pahala dari Allah SWT yang begitu luar biasa. Ia melanjutkan, shalat di Masjid Nabawi itu sama dengan shalat 100 ribu rakaat.

Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia. Setiap ibadah yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan, niscaya pahalanya akan dilipatgandakan. Inilah bulan untuk beramal sebanyak-banyaknya. Baik itu ibadah shalat, zakat, sedekah, infak, membaca Alquran, dzikir, shalawat dan lain sebagainya. Demikian juga dengan ibadah umrah.

 

Berikut ini adalah beberapa keutamaan umrah di bulan Ramadhan

 

Ada satu hadits Rasulullah yang masyhur dan shahih, ‘Barangsiapa yang umrah bersamaku di bulan Ramadhan nilainya sama dengan pergi haji bersamaku. (HR. Imam Bukhari dengan Fathul Baari 4/74 dll).’ “Jika bulan Ramadhan telah tiba, maka tunaikanlah umrah, sebab umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji.” (HR. Al-Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1258) Tetapi wajib diketahui, meskipun umrah di bulan Ramadhan berpahala menyamai haji, tetapi ia tidak bisa menggugurkan kewajiban haji bagi orang yang wajib melakukannya.

 

Di bulan Ramadhan, ada hari-hari yang kemungkinan turunnya Lailatul qadar. Jadi, selain setiap saat kalau beribadah dibalas dengan banyak kebaikan, ada kemungkinan bertemu satu malam yang nilainya lebih baik dari 1.000 bulan.

 

-puasa-ramadhan-masjidil-haram-masjid-nabawi-mekkah-madinah
 

Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa. Setiap amal dilipatgandakan berlipat-lipat. Amalan yang bernilai sunnah, apabila dilaksanakan pada hari-hari Ramadhan maka pahala yang diperoleh senilai dengan amalan fardhu. Sedangkan amalan yang sifatnya fardhu apabila dilaksanakan pada bulan Ramadhan maka pahala yang diperoleh 70 kali lipat lebih besar dibandingkan apabila dilaksanakan pada hari di luar Ramadhan. Ramadhan juga merupakan kesempatan untuk memohon ampun atas segala dosa.

 

Nabi mengatakan, shalat di Masjid Nabawi sama dengan shalat 100.000 rakaat. Sedangkan di bulan Ramadhan, pahala ibadah itu oleh Allah dilipatgandakan. Bayangkan, 100.000 dikalikan berkali-kali lipat, hasilnya tak terhingga.

 

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk melaksanakan umrah di bulan Ramadhan. Selain nilai ibadahnya sama dengan haji, beri’tikaf di Masjidil Haram di Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha, pahalanya juga akan dilipatgandakan. ”Mereka yang beribadah di Masjidil Haram di bulan Ramadhan, pahalanya sama dengan 100 ribu kali ibadah di bulan lain. Demikian pula beribadah di Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha, pahalanya akan ditingkatkan.

 

Dari sisi nilai ibadah, umrah di bulan Ramadhan memang sangat tinggi ganjarannya. Lalu, yang manakah yang lebih utama, awal, pertengahan atau akhir Ramadhan? ”Semuanya utama, namun umumnya jamaah lebih banyak berkumpul di 10 hari terakhir Ramadhan. Yang pasti, umrah Ramadhan merupakan momentum untuk melakukan amal ibadah dengan penuh ketenangan, lebih baik, introspeksi diri, dan perbaikan diri. Baik di awal Ramadhan, pertengahan maupun akhir Ramadhan.

 

Bagi yang mampu, umrah Ramadhan itu sangat dianjurkan. Mengapa? Karena umrahnya itu sendiri merupakan ibadah yang utama, selain itu, Ramadhan merupakan bulan yang sangat berkah. Perpaduan umrah dan Ramadhan itu menghasilkan keutamaan-keutamaan yang luar biasa. Itu sebabnya, Rasulullah SAW menganjurkan umrah pada waktu Ramadhan.

 

 

DMCA.com Protection Status

Umroh November 2017 - April 2018 harga start 22,1 Jt

Informasi Pendaftaran Umroh Alhijaz

Mbak Farida : 08222 05 22225

(Simpati / WhattsApp)

By | 2017-01-24T22:26:15+00:00 Maret 25th, 2015|Manasik Umroh Haji|4 Comments

About the Author:

Mbak Farida
Mbak Farida saat ini bekerja sebagai marketing di Travel Alhijaz, yang bertugas melayani informasi dan pendaftaran umroh . Alhamdulillah beberapa kali Farida menjadi Tour Leader untuk keberangkatan umroh. Daftarhajiumroh.com dibangun sebagai edukasi bagi jamaah Indonesia yang akan berangkat haji dan umroh. Semoga bermanfaat

4 Comments

Leave A Comment